GENERASI MUDA CERDAS DENGAN SOSIAL MEDIA

0 708

Tanjungpinang (BestariNews) – Media sosial adalah sebuah media online yang para penggunanya lebih mudah dalam melalukan komunikasi, berbagi, dan berpartisipasi dengan seluruh masyarakat pengguna sosial media diseluruh dunia.

 

Andreas dan Michel Haenlein mendefinisikan sosial media sebagai sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun diatas dasar ideologi dan teknologi yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated contect.

 

Kita ketahui banyak sekali manfaat dari sosial media ini, lihat saja hampir segala sesuatu yang kita lakukan berhubungan dengan sosial media, contohnya Belajar, liburan, bekerja dan bisnis, bahkan segala sesuatu yang kita lakukan selalu ada kaitannya dengan sosial media.

 

Namun, disini saya akan membahas lebih dalam lagi bagaimana cara memanfaatkan sosial media agar generasi muda menjadi cerdas dan kreatif dalam menggunakannya.

 

Hal ini bisa di lakukan semua orang, khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa agar tidak terjerumus dalam hal yang salah dari memanfaatkan sosial media serta lebih cerdas mengunakannya.

 

Sejalan dengan perkembangan teknologi tidak dipungkiri banyak juga masyarakat yang salah memanfaatkannya, ini bisa dilihat semakin maraknya penyebaran berita hoax, penipuan, penjualan bayi, portitusi online dan lain sebagainya.

 

Sosial media juga mempunyai segi positifnya bila digunakan dengan baik dan benar bahkan dapat menguntungkan dari segi finansial, misalnya berbisnis online melalui sosial media.

 

Seperti yang kita ketahui sekarang setiap individu tidak terlepas dari yang namanya sosial media, bahkan mampu menggantikan peranan televisi dengan sangat mudah dihati masyarakat.

 

Peluang ini bisa kita manfaatkan dengan sangat baik untuk membuka sebuah bisnis hanya dengan bermodalkan smartphone, kita bisa membuka bisnis online shop atau kita bisa menawarkan jasa seperti pembuatan blog, dan masih banyak lagi peluang bisnis yang bisa kita ciptakan dengan sosial media.

 

Selain itu juga media sosial dapat dijadikan sebagai media belajar, sejak ditemukannya teknologi informasi membuat kita semakin mudah mencari informasi, misalnya saja ketika kita ingin belajar tidak perlu lagi repot-repot membeli buku, pelajaran apapun yang ingin kita cari, ingin kita ketahui semuanya sudah ada dimedia sosial baik itu pelajaran komputer, ekonomi, hukum semua sudah ada di sosial media.

 

Jadi, sebagai pelajar kita tidak perlu menghabiskan uang untuk membeli buku serta tidak ada alasan lagi untuk malas belajar karena sekarang sangat mudah mendapatkan ilmu di zaman kemajuan teknologi informasi.

 

Media sosial dapat juga dijadikan sebagai media mencari amal, nah disini sosial media bukan hanya bermanfaat untuk berbisnis, mencari uang, ataupun mendapatkan ilmu, tetap media sosial juga bisa menjadi media untuk kita mencari amal.

 

Zaman sekarang ini sangat banyak sekali generasi muda yang tertarik dengan motivasi-motivasi yang diciptakan para pemuda untuk menghindari kerusakan generasi muda, contohnya saja para pemuda dan pemudi sekarang sudah banyak yang berhijrah dan menjauhi pacaran berkat adanya komunitas yang dibuat oleh pemuda cerdas yaitu indonesia tanpa pacaran, hal ini sangat baik sekali untuk menciptakan jati diri generasi muda indonesia sehingga generasi muda kita tidak mudah terjerumus dalam kesesatan dan rusaknya masa depan mereka.

 

Hal tersebut sudah termasuk amal yang baik untuk kita mendapatkan pahala dari Allah karena menjauhi zina.

 

Media sosial juga membuat kita bisa membantu sesama manusia yang lagi kesusahan, bencana alam, tanah longsor, banjir, kebakaran, masyarakat yang kurang mampu yang tertimpa musibah dengan sangat mudah kita ketahui bahwa mereka sedangan tertimpa bencana dan dengan itu kita tergerak untuk memberikan mereka bantuan melalui donatur agar bisa meringankan beban mereka, serta masih banyak lagi amalan yang bisa kita cari melalui sosial media.

 

Saran saya kepada seluruh pengguna media sosial khususnya bagi para generasi muda, gunakanlah sosial media dengan cerdas dan manfaatkan sosial media dengan sebaik mungkin agar nantinya anda tidak terjerumus dalam kehanyutan sosial media.

 

Penulis; Hadhistia Octariyanti merupakan Mahasisswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tanjungpinang

Leave A Reply

Your email address will not be published.