Aplikasi New E Dabu Memudahkan Peserta BPJS Kesehatan

0 163

Tanjungpinang (BestariNews) – Aplikasi Elektronik Data Badan Usaha (E-Dabu) merupakan aplikasi yang sangat mebantu para peserta BPJS Kesehatan apabila akan melakukan perubahan data pegawai atau mengecek tagihan perusahaan.

Hal tersebut diungkapkan oleh, Manager PT. Pulau Nikoi, Suhendi di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Selasa (18/12).

“Saya bisa melakukan perubahan data pegawai di kantor, tidak perlu mengantri di kantor BPJS Kesehatan, begitu juga kalau saya hendak mengecek tagihan perusahaan,” ujar Suhendi.

E-Dabu adalah alat untuk mempermudah proses mutasi tambah atau kurang peserta dan rekonsiliasi data peserta dan iuran badan usaha. Dengan berbasis web dapat dilihat dialamat http://edabu.bpjs-kesehatan.go.id, akses diberikan setelah badan usaha melakukan registrasi memperoleh username dan password.

“Waktu saya menjadi lebih efektif, sejak ada aplikasi e-DABU ini,” lanjut Suhendi.

Perkembangan teknologi dalam mengembangkan aplikasi e-DABU selalu ditingkatkan oleh BPJS Kesehatan, sehingga aplikasi e-DABU menjadi aplikasi yang lebih efektif untuk digunakan oleh Badan Usaha.

Kelebihan dari aplikasi e-DABU terletak pada fitur terbarunya, diantaranya adalah pengecekan tagihan dan rincian data pekerja, penambagan pekerja, pengurangan pekerja, update gaji pekerja, mutasi data pekerja dan anggota keluarganya, pencetakan e-id dan referensi fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Selain aplikasi E-Dabu sekarang BPJS Kesehatan juga sudah ada Aplikasi Mobile JKN, aplikasi ini juga memudahkan peserta JKN-KIS.

“Saya sudah download Mobile JKN di smartphone saya, saya bisa ganti faskes, mengecek tagihan dan kepesertaan saya dengan aplikasi ini,” tambah Suhendi.

Terkait pelayanan, Suhendi mengaku sudah beberapa kali menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat di Puskesmas, dan hingga saat ini beliau mengaku puas dengan pelayanan yang didapatkan.

“Walaupun pasien yang berobat banyak, tapi pelayanan di Puskesmas tidak dibeda-bedakan walaupun saya berobat menggunakan kartu JKN-KIS. Pelayanannya cepat, sekalipun terkadang ada kendala namun bisa diselesaikan,” lanjut Suhendi.

(Alam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.