MTQ Bukit Bestari Ajang Prestasi Generasi Qurani

0 336
Walikota Tanjungpinang, Syahrul pada saat memberikan kata sambutan pada pembukaan Mtq tingkat Kecamatan Buklit Bestari.

Tanjungpinang (BestariNews) – Pembukaan Musabaqah Tilawati Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Bukit Bestari 2019 disambut meriah oleh masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 21-23 Maret 2019 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Bukit Bestari, Kamis (21/3).

MTQ di buka secara resmi oleh Gubernur Kepulauan Riau, Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M,Si yang ditandai dengan pemukulan beduk. Dalam sambutannya, Nurdin mengajak agar melalui pelaksanaan MTQ perkuat generasi muda dengan memahami Al Qur’an.

“Generasi muda tidak hanya memahami ilmu pengetahuan dan teknologi saja, namun juga diperkuat dengan ilmu agama untuk menjadi fondasi dalam kehidupan, saya berharap kedepan generasi muda Kota Tanjungpinang dapat memahami isi dari kandungan Al Qur’an dan terhindar dari perbuatan negatif serta menangkis paham radikalisme,” ungkapnya.

Nurdin juga mengatakan MTQ ini sebagai ajang prestasi generasi Qurani yang bergengsi dan perlu disebarluaskan kepada seluruh masyarakat. “Al-Qur’an pedoman hidup bagi kita semua umat Islam, ajang MTQ ini merupakan ajang bergengsi untuk unjuk prestasi generasi Qurani, kita harap melalui MTQ ini dapat melahirkan qori dan qoriah yang berkualitas,” kata Nurdin.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd menyampaikan dalam sambutannya MTQ di Tanjungpinang dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang yakni dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat Kota Tanjungpinang. Menurutnya, pelaksanaan secara berjenjang ini bertujuan untuk mencari bibit unggul qori dan qoriah yang ada di setiap kelurahan dan kecamatan.

Syahrul juga mengatakan bahwa Gubernur Kepri sangat konsen dengan agenda-agenda keagamaan. “Insya Allah di Kota Tanjungpinang juga akan dibangun Qur’an Centre, untuk tahap awal Pemko Tanjungpinang akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp5 miliar,” ucap Syahrul.

Syahrul berharap dengan adanya Qur’an Centre nantinya dapat menciptakan qori dan Qoriah, hafiz dan hafizah di Kota Tanjungpinang. “Mari bersama kita berdoa dan mendukung untuk pelaksanaan pembangunan Qur’an Centre di Kota Tanjungpinang khususnya untuk anak-anak sebagai generasi penerus bangsa agar dapat tumbuh menjadi pribadi yang Qur’ani serta berakhlak mulia,” jelasnya.

Camat Bukit Bestari, Faisal Fahlevi. S.STP menyampaikan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang Al-Qur’an melalui MTQ ini agar dapat mempertebal kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“MTQ ini bertujuan untuk memperluas dan meningkatkan syi’ar Islam serta membangun Ukhuwah Islamiyah dan mempererat silaturahmi,” jelasnya.

MTQ Bukit Bestari ini diawali dengan defile kafilah dari 5 kelurahan di lingkungan Kecamatan Bukit Bestari. Dalam pembukaan MTQ ini dihadiri juga Asisten 1 Pemprov Kepri yang juga Mantan Penjabat Walikota Tanjungpinang, Drs. Raja Ariza, MM, Kepala Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Ketua LAM Kota Tanjungpinang, Kapolsek Bukit Bestari dan masyarakat Bukit Bestari yang antusias menyaksikan qori dan qoriah yang melantunkan ayat suci Al-Quran dari cabang tilawah golongan dewasa.

Penulis : Mas
Editot : Alam

Leave A Reply

Your email address will not be published.