KPU Tanjungpinang : Baru 7 Parpol Yang Menyerahkan LPPDK

0 190
Komisioner KPU Tanjungpinang Divisi Hukum, Andri Yudi

Tanjungpinang (BestariNews) – Pasca pelaksanaan Pemilu tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang mengatakan hingga hari ini, Rabu (1/5) baru menerima 7 Parpol yang menyerahkan Laporan Penerimaan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK).

“Sampai hari ini kami baru menerima 7 Parpol yang sudah menyerahkan LPPDK dan kami baru mengeluarkan 6 surat tanda terima LPPDK, dikarekan satu Parpol masih dalam proses,” ujar Komisioner KPU Tanjungpinang divisi Hukum, Andri Yudidi Kantor KPU Tanjungpinang, Rabu (1/5).

Selain 7 Parpol itu, kata Andri, pihaknya (KPU-red) juga sudah menerima LPPDK dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan tetapi dikembalikan karena tidak lengkap.

“Hingga hari ini sampai pukul 18.00 Wib kami masih menunggu kedatangan para Parpol untuk melaporkan LPPDK nya,” ungkap Andri.

Untuk diketahui Parpol yang sudah menyerahkan LPPDK kepada KPU Tanjungpinang, diantaranya, PKS, Golkar, Nasdem, Hanura, Perindo dan Gerindra, sedangkan PAN masih dalam proses.

Intinya lanjut Andri, jika parpol melanggar batas waktu penyerahan LPPDK maka sanksinya adalah pembatalan pelantikan caleg yang diusung.

“Sanksi tersebut sesuai dengan UU nomor 7 pasal 338 ayat 3 tahun 2017,” tambahnya.

Ketentuan penyerahan LPPDK kepada KPU adalah salah bentuk implementasi keterbukaan informasi publik dalam penyelenggaraan Pemilu. Sehingga, melalui data LPPDK masyarakat bisa mengakses sumber-sumber dana kampanye dan alokasi dari masing-masing partai politik.

“Semua demi keterbukaan publik, kami harap melalui LPPDK masyarakat semakin percaya bahwa KPU terus bekerja untuk mewujudkan pemilu yang bermartabat,” pungkas Andri.

Penulis : Alam
Editor    : Ssk

Leave A Reply

Your email address will not be published.