Akhir Pekan, Roro Berlayar Sampai Malam

0 38

Tanjungpinang (BESTARINEWS) – Mulai, Sabtu (13/4), kapal Roro yang melayari Tanjunguban Bintan dan Telaga Punggur Batam serta sebaliknya akan mulai berlayar malam. Pelayaran malam ini juga berlaku untuk Minggu. ”Jadi Roro berlayar malam Sabtu dan Minggu. Berangkat terakhir pukul 08.00 malam (20.00) dari Tanjunguban maupun Telaga Punggur Batam,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Kepri Brigjend Jamhur Ismail.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Pemprov Kepri, Ir. Tri Musa menambahkan, pelayaran malam ini akhirnya disepakati saat rapat koordinasi dengan berbagai pihak, Senin (8/4).

Berbagai stakeholder yang berhubungan dengan pelayaran ini ikut diajak rapat. Setelah semua sepakat, akhirnya ditetapkan kalau mulai Sabtu-Minggu Roro sudah berlayar malam.

Tri Musa mengatakan, jadwal pelayaran Roro bertambah dua jam dari biasanya. Selama ini, kapal Roro terakhir berangkat pukul 18.00 dari pelabuhan Tanjunguban maupun Telaga Punggur Batam.

Ia menjelaskan, saat dimulai perdana nanti, kemungkinan penumpangnya belum padat karena masyarakat belum banyak mengetahui perubahan jadwal ini.

”Kalau jam 7 tak ada penumpang, maka keberangakatan terakhir pukul 8 malam. Tapi, kalau pukul 7 malam juga ada, tetap berangkat,” tambahnya.

Jadwal malam ini sengaja dibuka Sabtu dan Minggu karena hari libur pegawai dan hari Minggu hari libur umum. Penumpang dan barang banyak yang keluar masuk pada Sabtu dan Minggu.

Pada hari Sabtu, masyarakat banyak bepergian baik dari Tanjunguban ke Batam dan sebaliknya. Hari Minggu, penumpang kembali lagi ke tempat tinggalnya.

”Agar masyarakat tidak terlalu terburu-buru, maka sudah ada kapal yang berangkat malam. Kita berharap mobilitas orang dan barang makin lancar antara Pulau Bintan dan Batam,” harapnya.

Saat ditanya apakah feri tujuan Batam-Tanjungpinang akan berlayar malam juga, Tri Musa mengatakan, belum dibahas lebih detail sampai ke sana.

”Satu satu dulu kita bahas. Yang ini sudah selesai, nanti baru kita bahas lagi feri. Jadi baru Roro yang sudah berlayar malam pada akhir pekan. Kalau feri belum,” bebernya.

Untuk Roro yang berlayar ke daerah lain belum ada penambahan jadwal malam pelayaran. Yang dibahas kemarin adalah khusus dari Telaga Punggur Batam ke Tanjunguban dan sebaliknya. Kapal berlayar sekali satu jam.

Sumber: Tanjungpinangpos.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.